More About Me...

Banyak sesuatu hal yang "SEPELE" tapi terkadang membuat kita menjadi "REPOT". Berangkat dari hal inilah datang suatu inspirasi untuk membuat Blog tentang hal itu. Masukan dan usulan adalah sesuatu yang membuat kami terus berbenah dan menambah agar Blog ini dapat selalu hadir ditengah kesibukan ANDA... Thank's

Mac Gyver (APAPUN BISA)

Pandai Memasak, Buat Pupuk Organik, Ahli komputer, Jagoan Internet, Mau Jadi Biro Jasa, Servis Sendiri, Home Industri, dll. SEMUA BISA tapi BANTUAN ANDA, PARTIPASI ANDA sangat dibutuhkan... suwun...

Bagaimana Memilih Sekolah Gratis

ada 10 hal yang perlu menjadi bahan pertimbangan para orangtua sebelum mengambil keputusan:
1. Tergantung Visi
Jangan percaya begitu saja pada brosur atau iklan yang menampilkan program-program pembelajaran yang ditonjolkan. Pendidikan yang berkualitas sangat tergantung pada visi yang diembannya sebagai gambaran atau tujuan yang ingin dicapai melalui seluruh proses pembelajaran.
2. Landasan Konseptual
Setelah Anda memahami visinya, sekarang saatnya melihat apakah proses pembelajarannya dilandasi konsep filosofis dan pedagogis yang jelas. Seonggok program yang baik-baik tanpa dilandasi konsep yang memberikan kerangka rasional dan ilmiah tak akan banyak berarti pada tujuan yang akan dicapai.
3. Program Pembelajaran
Setelah Anda melihat visi dan konsepnya, kini melangkah ke program-program yang ditawarkan. Apakah seluruh program bisa ditarik benang merahnya ke konsep dan visi? Sekolah yang baik akan menyusun program pembelajaran berdasarkan visi dan dilandasi konsep, bukan tambal-sulam atau asal comot sana-sini.
4. Metode Pendekatan
Program yang bagus belum tentu berhasil dengan efektif tanpa ditunjang metode dan pendekatan yang tepat. Semakin bervariatif metode yang digunakan semakin besar kemungkinan untuk terjadinya inovasi-inovasi yang mendorong terciptakan belajar-mengajar yang kreatif dan efektif.
5. Fasilitas Penunjang
Untuk menunjang keberhasilan program pembelajaran, dibutuhkan fasilitas-fasilitas penunjang yang tepat. Media belajar dan buku-buku sangat mendukung tercapainya tujuan.
6. Kualitas SDM
Ujung tombak pendidikan adalah para gurunya, maka kecakapan dan profesionalitas guru sangat menentukan kualitas pendidikan secara menyeluruh. Cara terbaik adalah Anda melihat langsung bagaimana mereka mengajar, misalnya pada kesempatan open house.
7. Organisasi Manajemen -- Sekolah yang baik mesti dikelola dengan baik pula. Sistem organisasi dan manajemennya harus jelas dan bisa dipertanggungjawabkan. Status sekolah juga perlu dipertanyakan, termasuk perizinan karena menyangkut kelangsungan pendidikan. Yayasan atau perusahaan yang memayungi sekolah juga harus jelas.
8. Nyaman Aman
Anda mesti melihat kondisi fisik sekolah, termasuk ruang kelas dan fasilitasnya. Apakah akan memberikan suasana nyaman dan aman bagi putra-putri Anda selama belajar? Semua mesti diperhitungkan baik dan buruknya.
9. Lokasi Terjangkau
Apakah lokasi sekolah jaraknya terjangkau dari tempat tinggal Anda? Jangan sampai Anda membuang energi di jalan lantaran masalah jarak atau kemacetan.
10. Anggaran Biaya
Mahal dan murah untuk pendidikan sangat relatif, khususnya untuk sekolah swasta biasanya biayanya lebih tinggi dibanding negeri. Yang terpenting adalah Anda memilih sekolah terbaik sesuai dengan biaya yang sudah anda anggarkan, dan perhitungkan untuk kelanjutannya.

0 comments:

Post a Comment