More About Me...

Banyak sesuatu hal yang "SEPELE" tapi terkadang membuat kita menjadi "REPOT". Berangkat dari hal inilah datang suatu inspirasi untuk membuat Blog tentang hal itu. Masukan dan usulan adalah sesuatu yang membuat kami terus berbenah dan menambah agar Blog ini dapat selalu hadir ditengah kesibukan ANDA... Thank's

Mac Gyver (APAPUN BISA)

Pandai Memasak, Buat Pupuk Organik, Ahli komputer, Jagoan Internet, Mau Jadi Biro Jasa, Servis Sendiri, Home Industri, dll. SEMUA BISA tapi BANTUAN ANDA, PARTIPASI ANDA sangat dibutuhkan... suwun...

Bagaimana Membuat Situs (1)

Saat akan membuat situs terkadang kita bingung mau mulai dari mana, untuk itu ada beberapa hal yang perlu disiapkan, setelah itu baru beraksi.
Rancang apa yang akan ditampilkan
Yang perlu diperhatikan bahwa situs harus singkat, informasinya jelas dan lengkap, karena itu tentukan tampilan yang luwes baik isi maupun foto. Jangan terlalu banyak menampilkan foto, pilih foto yang benar-benar menunjang situs.

Pilih warna yang cemerlang kalau perlu tampilkan warna bercahaya namun gunakan warna yang baik karena sistem komputer diciptakan tidak semuanya sama. Industri hardware komputer sangatlah pesat perkembangannya. Misalnya saja pada industri hardware VGA card. VGA card saat ini sudah sangat canggih dan semuanya menjanjikan untuk dapat menampilkan warna-warna yang cemerlang di komputer Anda.

Di dunia web dikenal istilah safe web color adalah warna-warna yang sekiranya jika ditampilkan di beberapa sistem komputer hasilnya akan sama dan baik. Safe web color saat ini biasanya memanfaatkan 256 color, meski beberapa saat lagi 256 color ini bisa dikatakan sudah kuno.


Kata kunci (keyword/frase)
Keyword adalah kata kunci yang penting agar pengunjung mudah mencari situs kita karena tidak semua orang tahu domain kita. Nah, kata kunci tersebut yang bisa membawa ke situs kita, sebaiknya tempatkan kata kunci di dalam judul, nama file, dan isi situs.


Mempersiapkan domain name.
Domain adalah alamat situs kita, misalnya www…com, atau www….co.id, Kita dapat mendaftarkan domain ke jasa register domain baik yang international maupun lokal.


Penempatan situs (hosting)
Setelah situs siap, perlu melakukan pemasangan situs agar dapat diakses. Banyak tempat atau web server di internet yang dapat menjadi lokasi penempatan situs untuk file-file tersebut. Ada yang berupa fasilitas gratis, namun ada pula yang berbayar dengan kontrak waktu tertentu.

Salah satu fasilitas gratis dengan layanan yang lengkap dapat ditemukan di http://geocities.yahoo.com. Selain tersedia alat bantu untuk upload yang sangat membantu pengguna awam, kapasitas harddisk yang diberikan untuk setiap website adalah 15 Megabyte. Ukuran yang cukup besar untuk sebuah website permulaan.

Bagi pengguna yang belum pernah membuat website sebelumnya, Geocities menyediakan alat bantu pembuatan website yang diberi nama "Yahoo! PageWizards". Dengan adanya tools tersebut, Anda dapat mengatur desain dan tata letak web secara instan.

Untuk menggunakannya, Anda harus login terlebih dahulu. Namun jika belum mempunyai account Yahoo!, lakukan sign up untuk layanan Geocities Free Web hosting. Setelah berhasil masuk, klik menu "Yahoo! PageWizards" dan lakukan empat langkah untuk mengatur tampilan situs yang diinginkan.

Empat proses tersebut meliputi pengisian judul web dan informasi yang akan ditampilkan, memasukkan gambar, menambahkan menu, dan menampilkan informasi pemilik beserta e-mailnya. Dengan visualisasi yang jelas untuk setiap langkahnya, proses pembuatan website dengan alat bantu tersebut akan menjadi lebih mudah.


Gunakan navigasi juga dengan text, jangan cuma grafis
Banyak kasus di mana seorang web designer membuat menu bar atau elemen navigasi web dengan menggunakan gambar. Penulis sarankan selain menggunakan gambar grafis, sediakan juga elemen navigasi yang berbasis teks biasa.

Ini penting karena terkadang yang mengakses situs Anda mungkin memiliki akses internet yang lambat. Navigasi berbasis teks juga bagus untuk browser berbasis teks, misalnya Lynx dan lain sebagainya.

Faktor lainnya adalah seringkali orang mematikan fitur gambar pada web browser sehingga gambar-gambarnya tidak bisa terlihat. Jika situs Anda semuanya berbasis grafis, navigasi Anda tidak akan terlihat.

sumber: Surya.co.id

0 comments:

Post a Comment