More About Me...

Banyak sesuatu hal yang "SEPELE" tapi terkadang membuat kita menjadi "REPOT". Berangkat dari hal inilah datang suatu inspirasi untuk membuat Blog tentang hal itu. Masukan dan usulan adalah sesuatu yang membuat kami terus berbenah dan menambah agar Blog ini dapat selalu hadir ditengah kesibukan ANDA... Thank's

Mac Gyver (APAPUN BISA)

Pandai Memasak, Buat Pupuk Organik, Ahli komputer, Jagoan Internet, Mau Jadi Biro Jasa, Servis Sendiri, Home Industri, dll. SEMUA BISA tapi BANTUAN ANDA, PARTIPASI ANDA sangat dibutuhkan... suwun...

Bagaimana Mengetahui makanan yang menggunakan Rhodamin B (pewarna):

Bahan Tambahan Makan (BTM)
Dilihat dari fungsi, BTM dikelompokkan menjadi 11 macam, yaitu zat pewarna, zat pengawet, pemanis, penyedap rasa dan aroma, pembentuk serat, antioksidan (untuk mencegah bau tengik), anti kempal, pengatur keasaman, pemutih atau pematang tepung, perenyah dan pengisi, dan zat pemantap. Selain itu dikenal juga zat pengering, pencegah buih, pengkilap, pelembab dan pencegah lengket.

Khusus Pewarna Rhodamin B:
- Bahan pewarna ini merupakan pewarna sintetis yang terlarang digunakan pada produk makanan karena mengandung residu logam berat yang berbahaya bagi kesehatan.
- Rhodamin B berasal dari metalinilat dan dipanel alanil sehingga mudah larut dalam alkohol sebenarnya merupakan bahan pewarna kertas, bulu domba dan sutera.
- Rhodamin B sampai sekarang masih banyak digunakan untuk mewarnai berbagai jenis makanan dan minuman (terutama untuk golongan ekonomi lemah), seperti kue-kue basah, saus, sirup, kerupuk dan tahu (khususnya Metanil Yellow), dan lain-lain.

Dampak :
- dapat menimbulkan kanker
- keracunan,iritasi paru-paru, mata, tenggorokan, hidung, dan usus.
- iritasi kulit, iritasi pada saluran pencernaan dan gangguan hafi/liver

Ciri-ciri makanan yang menggunakan Rhodamin B :
- biasanya makanan yang diberi zat pewarna ini lebih terang atau mencolok warnanya dan memiliki rasa agak pahit.

Pencegahan :
- penting untuk mengetahui bahan campuran makanan dengan melihat komposisi pada label atau kemasan makanan.

0 comments:

Post a Comment