More About Me...

Banyak sesuatu hal yang "SEPELE" tapi terkadang membuat kita menjadi "REPOT". Berangkat dari hal inilah datang suatu inspirasi untuk membuat Blog tentang hal itu. Masukan dan usulan adalah sesuatu yang membuat kami terus berbenah dan menambah agar Blog ini dapat selalu hadir ditengah kesibukan ANDA... Thank's

Mac Gyver (APAPUN BISA)

Pandai Memasak, Buat Pupuk Organik, Ahli komputer, Jagoan Internet, Mau Jadi Biro Jasa, Servis Sendiri, Home Industri, dll. SEMUA BISA tapi BANTUAN ANDA, PARTIPASI ANDA sangat dibutuhkan... suwun...

Bagaimana Cara Menambal Ban Sepeda (praktis)

Siapa sih yang punya kendaraan beroda tidak pernah Bocor. Kalau bocor ban truk mungkin gak usah repot-repot langsung saja bawa ke tukang tambal ban.
Tapi kalau sepeda onthel bocor? Masak sih gak bisa menambal sendiri. Apalagi tukang tambalnya lagi cuti 1 minggu.

Alat dan Bahan
- 2 Cungkil (untuk membuka ban).
- Ember, (untuk memeriksa kebocoran).
- Amplas (Parut/kikir): (untuk membuat tekstur kasar ban).
- Pemukul (kayu atau besi).
- Pompa
- Lem karet, ban bekas
- Ban bekas.

Cara Menambal
- Buka ban dengan mencungkil dengan cara selipkan cungkil diantara ban luar dan velg, kemudian cungkil kearah luar hingga ban keluar dari velg. Lanjutkan dengan cungkil berikutnya (kira-kira 10cm) hingga semua terbuka.
- Periksa ban (dipompa dulu) dan cari benda yang menyebabkan kebocoran (bisa dicelupkan ke ember yang berisi air). Bila bocor parah maka disarankan untuk mengganti ban dalam.
- Setelah menandai letak ban yang bocor maka keringkanlah ban terlebih dulu dengan lap. Kemudian daerah yang bocor diamplas (agar tekstur ban menjadi kasar).
- Siapkan potongan ban untuk menambal (jangan lupa diamplas dulu biar bisa merekat).
- Oleskan lem pada kedua bagian ban tadi, angin-anginkan sebentar, kemudian tempelkan potongan ban tadi pada bagian ban yang bocor, tekan dengan kuat dan pukul kecil-kecil menggunakan pemukul agar menempel dengan rata.
- Periksa ban lagi seperti saat memeriksa ban diatas, apakah masih ada yang bocor. Setelah yakin tidak ada yang bocor pasang ban lagi.
- Kempeskan ban dalam, masukkan ban dalam ke dalam velg.
- Masukkan ban luar ke dalam velg, sedikit demi sedikit dengan cungkil.
- Pompa ban lagi hingga tekanan ban cukup keras, selesai.

1 comments:

  1. Arip Subagja said...
     

    lumayan nih informasinya hehe, kalau bacaan tentang jaket motor ada ga ??

Post a Comment